10 Tips Diet

Menjaga atau menstabilkan berat badan merupakan salah satu langkah yang paling penting dalam program penurunan berat badan, sebab berat badan mayoritas peminat kebugaran tubuh biasanya kembali seperti semula. Walhasil mereka pun putus asa dan frustasi. Agar diet bisa efektif dan membuahkan hasil yang diharapkan, Dr. Mahmud Husein Muhammad – konsultan ginekologi dan kebidanan di Universitas Kairo – menawarkan 10 tips yang harus diketahui:

1. Mengikuti aturan konsumsi makanan penurun kalori

2. Mengganti-ganti menu makanan harian.

3. Mengganti menu makanan malam dengan sayur disertai sambal atau buah-buah segar.

4. Meminum 2 gelas air setiap sebelum makan.

5. Banyak mengonsumsi cairan yang diperbolehkan, misalnya: kembang sepatu, mint, bunga lawang, kayu manis dan jeruk nipis..

6. Mengonsumsi timun dan daun selada saat merasa lapar di antara waktu-waktu makan.

7. Buah-buahan yang harus dihindari adalah: kurma basah, mangga, tin, pisang, aprikot dan anggur.

8. Setiap anda punya banyak kesibukan, kadar konsumsi snek dan makanan anda pun akan sedikit. Karena itu anda harus bergerak lebih banyak dan duduk lebih sedikit.

9. Jangan sering-sering mengonsumsi minuman-minuman bersoda.

10. Tuliskan apa saja yang anda konsumsi selama seharian. Dengan cara ini anda akan mengetahui makanan apa saja yang tidak anda butuhkan.

Dr. Mahmud Husein menambahkan bahwa yang penting bukanlah penurunan berat badannya, namun melakukan prosesnya dengan cara yang benar. Sebab berapa banyak program penurunan berat badan yang membawa dampak negatif terhadap kesehatan umum, menyebabkan berbagai penyakit dan efek samping. Karena itu beliau mewanti-wanti penurunan yang cepat dalam waktu yang relatif singkat. Idealnya jangan lebih dari 1,5 - 2 kg setiap bulannya, sebab waktu merupakan sarana yang sangat penting dalam mengatasi lemak dengan cara yang benar.

Dr. Mahmud Husein juga menganjurkan agar tidak melakukan pantangan dari makanan tertentu, sebab tubuh setiap harinya membutuhkan sejumlah kalori dan nutrisi agar bisa melakukan aktifitas-aktifitas harian. Menghindari unsur-unsur penting ini juga akan menyebabkan penyimpanan energi dalam bentuk lemak

Beliau menegaskan bahwa meminum air berfungsi untuk mengurangi selera makan dan membersihkan tubuh dari kotoran. Sementara rutinitas olahraga berfungsi untuk membakar kalori panas. Jadi kalau ingin mempertahankan berat badan yang stabil, kita harus membakar kalori yang diperoleh lewat makanan sehingga sesuai dengan daya tubuh kita.

Beliau juga menganjurkan agar membagi porsi makanan selama seharian, baik di dalam maupun di luar rumah. Demikian juga mengonsumsi makanan dalam porsi yang sedikit. Nah, ini bisa dibiassakan dengan memakai piring kecil. (By: Iman Khudhair)

*Sumber makalah bahasa Arab: harian Ahram Mesir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll