Perokok Wanita di Dunia dan Dampak Negatifnya

Di tengah peningkatan jumlah dan korban perokok di Negara-negara berkembang, pada tanggal 31 Mei – bertepatan dengan Hari Anti Rokok Internasional – Organisasi Kesehatan Dunia menyorot dampak negatif rokok terhadap wanita.
Berkaitan dengan ini, Dr. Majdi Badran (pakar kesehatan di Mesir) mengatakan: "Sudah jelas dan tidak diragukan lagi bahwa rokok bertanggung jawab atas fibrosis retina dan pengerasan pembuluh darah. Di Mesir seorang perokok sedang rata-rata menghabiskan Le 110 (sekitar Rp 175.000) per bulan, dan ini membuat keluarganya berhadapan dengan problema ekonomi yang tidak sepele."
Sebuah penelitian menyebutkan 700 juta anak ditawari rokok setiap tahunnya, ini menjadi penyebab bertambahnya jumlah perokok di kalangan anak-anak. Kebiasaan taklid pada orang dewasa menjadi motivasi bagi anak-anak perokok. Keberadaan rokok di rumah juga menjadi faktor yang membuat anak-anak merokok
Dr. Majdi menambahkan: "Rokok telah menjadi sesuatu yang lebih berbahaya dari pada penyakit AIDS untuk masa depan dunia, sebab rokok membunuh 3 orang dalam setiap menitnya."
Adapun wanita perokok di seluruh dunia berjumlah sekitar 200 juta orang. Itu artinya akan ada anak-anak yang akan mewarisi kebiasaan merokok dari ibunya. Dan inilah yang sering menjadi penyebab kematian mendadak bagi anak., penyakit hati, gangguan pernafasan, lemah keseimbangan, memperbesar kemungkinan munculnya penyakit kanker. Di sisi lain rokok juga mengakibatkan naiknya tekanan darah, kadar gula, kolestrol dalam darah, rusaknya urat syaraf, lemah ingatan dan kemampuan berpikir. Semuanya tidak membedakan laki-laki dan wanita.
Secara ilmiyah juga sudah jelas bahwa rokok bisa mengurangi hormon estrogen bagi wanita dan mempermudah munculnya penyakit kanker rahim. Selain itu rokok juga menyebabkan penurunan kecantikan akibat kandungan nikotin, kuku rapuh, gigi menguning, mudah merasa capek, perubahan suara, bau mulut dan dampak-dampak negative lainnya..

Oleh: Susan Jundi/http://ahram.org.eg/ 
(01/06/10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll